Tuesday, February 12, 2013

2 Penyebab Pengunjung Blog Berkurang Atau Tidak Stabil?



Kenapa Pengunjung Blog Saya Berkurang Atau Tidak Stabil
Dalam kondisi yang normal seharusnya trafik pengunjung dari search engine itu relatif stabil. Tapi terkadang grafik menjadi begitu fluktuatif dan banyak sobat blogger menjadi bingung apa penyebabnya.


Dari pengalaman admin, ada beberapa faktor yang bisa mengakibatkan berkurangnya pengunjung blog atau trafik tidak stabil....
1. Berubahnya trend Kata Kunci

Anggap saja seperti ini, saudara menulis sebuah artikel gosip yang sedang marak, dan ternyata berhasil merebut posisi pertama.... Tentu hal ini akan mengakibatkan pertambahan jumlah pengunjung yang cukup signifikan. Lalu tiba-tiba masalah gosip itu selesai, atau masyarakat jadi tidak tertarik lagi karena bosan, maka trafik blog pun akan mulai turun. Jadi jika saudara mengandalkan artikel-artikel dengan trend sesaat seperti ini ... maka saudara harus rajin mengamati apa yang sedang trend di masyarakat saat ini dan mengoptimisasinya sebelum trend tersebut meredup.

2. Berkurangnya Pengunjung Blog: Faktor X

Faktor X ini bisa apa saja, seperti bencana alam, hari raya dan masalah-masalah lainnya. Jika terjadi masalah pada daerah-daerah yang menjadi sumber trafik utama, maka bisa saja trafik turun. Sebagai contoh blog-blog yang sumber trafik utamanya menurut geo location berasal dari Jakarta... saat banjir melanda Jakarta, bisa saja aktifitas online sebagian orang Jakarta menjadi terganggu.... dan trafik saudara bisa drop 10% - 25%.

Faktor X yang lain adalah hari raya. Misalnya pada hari raya idul fitri, blog dengan tema-tema tertentu bisa menjadi sepi..... misalnya blog tutorial saya ini, trafiknya bisa drop sampai 30% dalam satu minggu perayaan Idul Fitri. Di sisi lain, blog-blog dengan tema masakan hari raya akan laris manis. Jadi kalau saudara mengelola blog yang isinya campur aduk. Pintar-pintarlah melihat trend seperti ini, untuk menaikkan jumlah pengunjung blog.

3. Pengunjung Blog Berkurang / Tidak Stabil: Terkena Penalty

Yang ini tidak perlu dijelaskan panjang lebar. Kalau blog terkena penalty sudah pasti akan bermasalah dalam hal trafik dari search engine. Untuk penjelasan selengkapnya, baca di Jenis Penalty Google

4. Fluktuasi ranking kata kunci

Sudah bukan rahasia, bahwa posisi ranking mempengaruhi jumlah pengunjung blog kita. Menurut statistik persentase klik untuk setiap posisi kata kunci adalah sebagai berikut:
Posisi 1 = 56%
Posisi 2 = 13%
Posisi 3 = 10%
Posisi 4 = 4%
Posisi 5 = 4,7%
Posisi 6 = 3,2%
Posisi 7 = 0,4%
Posisi 8 = 3%
Posisi 9 = 1,5%
Posisi 10 =  2,5%

Jadi di mana posisi link saudara pada hasil pencarian akan menentukan jumlah pengunjung ke blog saudara. Misalnya, jika dalam sehari ada 1000 orang yang mencari kata kunci X, maka juara 1 akan mendapat 560 kunjungan dari kata kunci X tersebut, sedangkan juara 4 hanya akan mendapat 40 kunjungan saja.

Itu beberapa penyebab pengunjung blog berkurang atau tidak stabil. Sebenarnya masih banyak lagi, hehe..
Kalau sobat blogger belum puas dengan postingan ini, silahkan mencari referensi lain...

Terima Kasih ::))



Related Post:

2 comments:

novie jepara said... Reply Comment

artikel yang menarik dan bermanfaat gan

mahadewa pulsa said... Reply Comment

oo gitu ya boss kunbal dong bos www.mahadewapulsa.com

Post a Comment